Pahami Aktivitas Promosi dan Periklanan, Mahasiswa Jurnalistik Adakan Kunjungan Redaksi ke Tribun Timur Makassar

  • 07 Desember 2023
  • 09:57 WITA
  • Administrator
  • Berita

JURNALISTIK - Mahasiswa jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar telah melakukan kunjungan redaksi ke Tribun Timur, Jl. Opu Daeng Risadju No. 430 Kota Makassar, Selasa (28/11/2023).

Kunjungan redaksi ini diikuti oleh kelas Jurnalistik A dan Jurnalistik B angkatan 2022 yang didampingi langsung oleh dosen mata kuliah Promosi dan Periklanan, Hartina Sanusi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sering kali dilakukan oleh mahasiswa Jurnalistik untuk datang berkunjung dan belajar langsung di kantor Tribun Timur Makassar.

Hartina Sanusi mengatakan, tujuan dari kunjungan redaksi ini adalah agar mahasiswa jurnalistik sebagai calon jurnalis dapat memahami aktivitas promosi dan periklanan, karena seringkali masyarakat menanyakan hal-hal diluar tupoksinya sebagai seorang jurnalis.

"Sebagai orang media, tentu kita merepresentasi dari media kita sehingga bisa juga memperkenalkan dan menawarkan hal-hal terkait aktivitas yang ada di media, ini juga sudah menjadi tanggungjawab moral dimanapun kita berada", tuturnya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur Makassar, Ronald Ngantung mengatakan, dalam media terdapat garis besar yang berisi dua bagian penting yaitu Informasi Berita dan Informasi Bisnis yang tidak bisa dipisahkan, karena keduanya sangat erat kaitannya antara promosi dan periklanan dengan tugas-tugas jurnalistik. 

"Berbicara tentang industri media dengan wadahnya yang beragam, maka isi yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat adalah berita dan bisnis," tuturnya.

Salah satu mahasiswa Jurnalistik, Sity Asriyanti Utami mengatakan, melalui kunjungan media ini ia bisa mengetahui bagaimana struktur dan alur bisnis di Tribun Timur yang tidak hanya bergerak di bagian pemberitaan, tetapi juga bergerak di rana bisnis.

"Saya jadi tahu kalau iklan tiap media di Tribun Timur itu berbeda, iklan untuk media cetak beda dan untuk media online juga beda," katanya.


(Penulis: Siti Ulwiyah)